Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis antara Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Dengan Three Stay One Stray di Kelas xi MA Persis 12 Jakarta pada Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar.

ANSHARI SEPLIANA WIJAYANTI, . (2016) Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis antara Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Dengan Three Stay One Stray di Kelas xi MA Persis 12 Jakarta pada Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Image
Image0051.JPG
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif Three Stay One Stray (TSOS) pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah (MA) Persis 12 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu), yaitu metode penelitian yang tidak memungkinkan peneliti mengontrol semua variabel secara penuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih dua dari tiga kelas XI sebagai sebagai kelas eksperimen 1 (menggunakan metode NHT) dan kelas eksperimen 2 (menggunakan metode TSOS). Kedua kelas yang terpilih berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata skor tes uraian siswa kelas eksperimen 1 adalah 73,526316. Sedangkan kelas eksperimen 2 adalah 68,444. Hasil pengujian normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk memperoleh hasil untuk kelas eksperimen 1 dan untuk kelas eksperimen 2. Karena masing-masing kelas eksperimen lebih dari dengan , maka diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas eksperimen berdistribusi normal. Berdasarkan uji Fisher, diperoleh , sedangkan dan untuk . Karena terletak di antara 0,177 dan 2,72, maka diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas eksperimen memiliki varians yang sama. Uji Hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dan diperoleh dan pada taraf signifikasi , sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan metode NHT lebih tinggi daripada rata-rata hasil tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan metode TSOS pada pokok bahasan Turunan Fungsi Aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ellis Salsabila, M.Si. ; 2). Ria Arafiyah, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:23
Last Modified: 28 Apr 2020 14:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item