IRMA UBAEDAH, . (2016) ANALISA PENERAPAN SEL (SOCIAL EMOTIONAL LEARNING) MENGGUNAKAN DE BONO’S SIX THINKING HATS PADA SISWA XI MIA SMAN 2 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI PENERAPAN PENDEKATAN SEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan sosial emosional siswa dengan menerapkan pendekatan SEL (Social Emotional Learning) menggunakan De Bono’s Six Thinking Hats pada materi asam basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 2 Kota Bekasi sejumlah 42 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2015 sampai Maret 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua pelaksanaan penerapan dan analisis pendahuluan dengan wawancara guru pembimbing penelitian untuk mengetahui kemampuan awal kompetensi SEL siswa secara umum. Data penelitian diperoleh melalui instrumen SEL (Self Assessment & Peer Assessment) yang dieksplorasi lebih mendalam dengan wawancara, reflektif jurnal, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima kompetensi SEL cenderung dapat terbangun dalam diri sebagian besar siswa. Berdasarkan hasil penilaian instrumen SEL (Self Assessment & Peer Assessment), observasi, reflektif jurnal, dan didukung wawancara diketahui bahwa 76% siswa telah membangun self awareness, sebesar 55% siswa telah membangun self management, sebesar 93% siswa telah membangun social awareness, sebesar 98% siswa telah membangun relationship management, serta sebesar 67% siswa telah membangun kemampuan responsible decision making.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Darsef, M.Si. ; 2). Dr. Fera Kurniadewi, M.Si. |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 13:09 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 13:09 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7440 |
Actions (login required)
View Item |