PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NURUL IMAN JAKARTA TIMUR

MARIANI FITRI, , (2015) PENGARUH MOTIVASI SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NURUL IMAN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mariani Fitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MARIANI FITRI. Pengaruh Motivasi Siswa dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Iman Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, yang dimana disiplin belajar siswa dapat dilihat dari datang terlambat, tidak masuk kelas, tidak mengerjakan tugas dan terlambat dalam mengumpulkan tugas pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Nurul Iman Jakarta Timur. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi seluruh siswa kelas X AP SMK Nurul Iman Jakarta Timur. Populasi terjangkau sebanyak 41 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 41 siswa dari tabel Isaac Michael untuk taraf kesalahan 5% dipilih secara random yakni 36 sampel. Data yang dibutuhkan untuk menghitung hasil belajar adalah hasil tes Ujian Tengah Semester (UTS) yang sudah di konversikan, sesuai dengan kebijakan sekolah. Teknik pengambilan sampel dengan teknik acak proporsional. Berdasarkan persamaan model regresi berganda Ŷ = 21,645 + 0,157 X1 + 40,533 X2. Selanjutnya uji persyaratan analisis yaitu menguji siginifikasi nilai hasil belajar (Y), motivasi (X1) dan disiplin belajar (X2) yang semuanya lebih dari 0,05 maka data HO diterima artinya berdistribusi normal. Hasil pengujian tersebut dapat diketahui bahwa nilai siginifikasi pada Linearity sebesar 0,001. Karena signifikan kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak artinya hasil belajar dengan motivasi mempunyai pengaruh yang linear. Dapat diketahui bahwa nilai siginifikasi pada Linearity sebesar 0,000. Karena signifikasi lebih dari 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak antara disiplin belajar dengan hasil belajar mempunyai hubungan yang linier. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Fhitung 15,274 > Ftabel 3,181, artinya Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan motivasi dan disiplin belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar dan dengan menggunakan uji t thitung dari motivasi 2,746 > ttabel 1,692 jadi Ho ditolak, kesimpulannya yaitu motivasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. thitung dari disiplin belajar 2,936 > ttabel 1,692 jadi Ho ditolak, kesimpulannya yaitu disiplin belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Uji koefisien determinasi menghasilkan r2 sebesar 0,481jadi kemampuan dari variabel motivasi dan disiplin belajar untuk menjelaskan hasil belajar secara simultan yaitu 48,1% sedangkan sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi, dan Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Widya Parimita, SE. M.PA. 2)Dewi Nurmalasari, S.Pd. M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Sigit .
Date Deposited: 30 Apr 2020 23:39
Last Modified: 30 Apr 2020 23:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item