ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MELALUI PENDEKATAN LIFE CYCLE THINKING PROJECT

MARIA ULFA MAHMUDAH, . (2016) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MELALUI PENDEKATAN LIFE CYCLE THINKING PROJECT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Maria Ulfa Mahmudah - 3315120237 - Pend Kimia 2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas XI dalam pembelajaran kimia pada materi Hidrolisis Garam menggunakan pendekatan Life Cycle Thinking Project. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015-2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAN 27 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Kemampuan literasi sains siswa dianalisis berdasarkan aspek kompetensi ilmiah yaitu: mengidentifikasi permasalahan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Selain itu, setiap tanggapan siswa dikategorikan ke dalam aspek yang menjadi tolak ukur pembelajaran life cycle thinking, yaitu: aspek ilmiah, moral, sosial-ekonomi, dan ekologi. Quality Standard yang digunakan adalah Credibility. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: tes literasi sains, lembar pedoman wawancara semi terstruktur, lembar evaluasi diskusi life cycle product, rubrik penilaian projek life cycle, dan lembar observasi. Hasil kemampuan literasi sains siswa didapatkan dari tanggapan siswa terhadap cerita life cycle, presentasi projek life cycle, esai life cycle, dan tes literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa aspek kompetensi ilmiah yang lebih banyak dijangkau oleh siswa yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah. Selain itu, aspek yang menjadi tolak ukur pembelajaran life cycle yang lebih banyak dijangkau oleh siswa yaitu aspek ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah mampu menghubungkan konsep hidrolisis garam dengan produk yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil tes literasi sains juga menunjukkan bahwa siswa lebih banyak mencapai level 6 dan 5, artinya siswa secara konsisten dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena secara ilmiah pada situasi yang kompleks hingga membuat kesimpulan berdasarkan analisis kritisnya serta menerapkan konsep pengetahuan sainsnya untuk merespon situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Erdawati, M.Sc. ; 2). Irma Ratna K.,M.Sc, Tech.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 12:38
Last Modified: 04 May 2020 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item