PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA

MUHAMMAD BANYU HERNUSEPUTRO, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Pengembangan Media Mobile Learning pada Materi Termokimia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa pada buku pelajaran konvensional yang diduga karena layoutnya yang kurang menarik serta kurangnya waktu guru untuk mengajar di kelas, sehingga tingkat pemahaman siswa menjadi kurang. Hal ini menandakan bahwa perlunya terobosan bahan ajar yang bisa diakses kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media mobile learning pada materi termokimia agar materi pembelajarannya mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Terdapat tiga hal penting yang dilaksanakan pada penelitian pengembangan yaitu (1) analisis kebutuhan dengan responden 2 guru kimia serta 31 siswa kelas XI; (2) Pengembangan produk yang terdiri atas tahap perancangan media yaitu memilih perangkat lunak serta pembuatan skenario konten, dan tahap pengembangan media yaitu pembuatan story board serta pembuatan prototipe media; (3) Validasi produk kepada 3 ahli media, 3 ahli materi dan bahasa, uji coba guru kepada 3 guru kimia, uji coba siswa kelompok kecil kepada 20 orang siswa, dan uji coba siswa kelompok besar kepada 50 siswa. Penelitian ini diuji cobakan di SMAN 58 jakarta dan SMAN 47 Jakarta pada siswa kelas XI. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada bulan Januari hingga Juni 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan aplikasi pembelajaran ini, didapat nilai rata-rata validasi oleh ahli materi dan bahasa sebesar 82%, ahli media sebesar 91%, oleh guru sebesar 82%, dan hasil uji coba siswa yang mengalami peningkatan dari 83% (uji kelompok kecil) menjadi 84% (uji kelompok besar) yang semuanya memiliki kriteria sangat baik, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran mobile learning “Mobchem Termokimia” telah berhasil dikembangkan dan memenuhi kebutuhan guru dan siswa serta layak digunakan sebagai media pendukung yang ekonomis, praktis dan dapat digunakan dimana saja untuk belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si, ; 2). Dr. Ucu Cahyana, M.Si,
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 May 2020 14:25
Last Modified: 04 May 2020 14:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item