Neneng Nurfahriza, . (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TAHAPAN PDEODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
NENENG NURFAHRIZA-3315122107-SKRIPSI S1 PENDIDIKAN KIMIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tahapan pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi reaksi reduksi-oksidasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Juni 2016 di SMA Negeri 77 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan tahapan pembelajaran PDEODE sedangkan kelas kontrol menerapkan 5M. Tahapan PDEODE terdiri dari 6 tahap, yakni predict, discuss, explain, observation, discuss, dan explain. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan instrumen pendukung berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (75.50) lebih besar daripada kelas kontrol (65.44). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung = 11.27 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi reduksi-oksidasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muktiningsih N., M.Si., ; 2). Dr. Imam Santoso, M. Si., |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 04 May 2020 15:00 |
Last Modified: | 04 May 2020 15:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7516 |
Actions (login required)
View Item |