UMMI MULIA TAMA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
UMMI MULIA TAMA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
UMMI MULIA TAMA, Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 & 2 MAN 8 dengan menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di MAN 8 selama 4 bulan pada bulan September hingga Desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 8 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS 1 & 2 sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 51 orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Adversity Quotient) dan variabel Y (Prestasi Belajar) menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 30 butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai rapot semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat hasil untuk variabel X sebanyak 26 butir valid dan 4 butir drop. Dilanjutkan dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0.866, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat tinggi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilifors menghasilkan L hitung = 0,097 sedangkan L tabel =0,124, karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 58,10 + 0,190X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < F tabel, yaitu 0,85 < 2,15 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linear. Uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel, yaitu 17,93 > 4,03, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,518 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 4,23 > ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,518 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 26,79%, yang menunjukkan bahwa 26,79% prestasi belajar siswa ditentukan oleh Adversity Quotient siswa. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1)Dra. Dientje Griandini 2)Dra. Nurahma Hajat, M.Si., |
Subjects: | Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Sigit . |
Date Deposited: | 06 May 2020 13:54 |
Last Modified: | 06 May 2020 13:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7573 |
Actions (login required)
View Item |