METADISCOURSE MARKERS IN INTRODUCTION SECTIONS OF MASTER THESES (A Content Analysis of English Education Master Programs in Jakarta)

YOGA PUTRA ALAM, . (2016) METADISCOURSE MARKERS IN INTRODUCTION SECTIONS OF MASTER THESES (A Content Analysis of English Education Master Programs in Jakarta). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
ABSTRAK, Etc..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)

Abstract

Metadiscourse merupakan aspek mendasar dalam penulisan akademik, terutama dalam menulis tesis. Metadiscourse digunakan untuk memfasilitasi, mendukung, dan membangun hubungan antara penulis dengan pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan penanda metadiscourse di bagian pengantar yang ditulis oleh Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Jakarta. Penelitian ini menggunakan analisis isi untuk mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menganalisis penanda metadiscourse berdasarkan model metadiscourse Hylanfd (2005). Data penelitian ini adalah 30 bagian pendahuluan dari tesis, yang terdiri dari masing-masing 10 bagian pendahuluan tesis dari 3 perguruan tinggi di Jakarta; UNINDRA, UHAMKA, dan UNJ. Data penelitian ini adalah penanda metadiscourse yang diidentifikasi dalam teks tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa dari 1668 penanda metadiscourse yang terdentifikasi, 537 penanda (32,19%) dikategorikan sebagai Transitions, diikuti oleh Evidentials dengan 305 penanda (18,29%). Transitions digunakan untuk membangun koneksi antara argumen atau wacana dengan menunjukkan hubungan aditif, kontrastif, dan penyebab. Evidentials digunakan untuk merujuk kepada sumber yang dapat dipercaya untuk mendukung argumen atau wacana dalam teks. Secara umum, penanda metadiscourse digunakan oleh penulis sesuai dengan fungsinya. Penggunaan penanda metadiscourse yang sesuai dengan fungsinya akan meningkatkan kualitas penulisan akademik, terutama dalam menulis tesis.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Zuharty M.Si. ; 2). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 May 2020 14:01
Last Modified: 08 May 2020 14:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item