PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP SELF DISCLOSURE PENGGUNA ONLINE DATING

ANNISA MAHARANI DEWI, . (2016) PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP SELF DISCLOSURE PENGGUNA ONLINE DATING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Esteem terhadap Self Disclosure pengguna Online Dating. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto. Pengukuran Self Esteem menggunakan alat ukur yang diadopsi dari Rosenberg Self Esteem Scale yang dibuat oleh Rosenberg pada tahun 1965 dengan reliabilitas 0,78 dan pengukuran Self Disclosure menggunakan alat ukur adaptasi dari The Jourard Sixty-Item Self Disclosure Questionnaire yang dikembangkan oleh Jourard pada tahun 1958 dengan reliabilitas 0,93. Prosedur teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 113 orang yang merupakan dewasa awal pengguna Online Dating aktif di wilayah Jabodetabek. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh pengaruh Self Esteem terhadap Self Disclosure sebesar 4,1% dengan taraf signifikan sebesar 0,018 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan Self Esteem terhadap Self Disclosure pengguna Online Dating, ditunjukan dengan persamaan regresi Y=2,051+0,186X yang artinya semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi self disclosure, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd ; 2). Herwindo Hariwibowo, P.hD
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 May 2020 12:01
Last Modified: 12 May 2020 12:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item