PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM BENTUK CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Aisyiyah 21 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur)

DEBBY CITRA ISLAMIATY, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM BENTUK CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Aisyiyah 21 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Debby Citra Islamiaty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan media ICT dalam bentuk CD interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun yang merupakan anak Kelompok B. Penelitian ini dilaksanakan di TK AISYIYAH 21, di Jl. Balai Pustaka Barat No.2 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain randomized control group pre test – post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang merupakan anak kelompok B TK di Rawamangun. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK AISYIYAH 21, Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang anak, yaitu 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi dan tes kemampuan berpikir kritis anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Pelaksanaan observasi dan tes dilakukan pada kedua kelompok penelitian pada hari yang sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil pengujian menunjukkan thitung = 120 > ttabel = 1,710; artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan media ICT dalam bentuk CD Interaktif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun yang merupakan anak kelompok B TK AISYIYAH 21, Jakarta Timur. Implikasi dari penelitian ini adalah guru perlu mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis anak melalui media ICT khususnya media ICT dalam bentuk CD Interaktif. Media ICT dalam bentuk CD Interaktif dapat menjadi media pembelajaran alternatif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang menarik perhatian anak, dan menyenangkan bagi anak. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media ICT dalam bentuk CD Interaktif, anak-anak sangat antusias dalam melakukan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah MM, M.Pd ; 2). Dr. R. Sihadi Darmo W. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 May 2020 10:20
Last Modified: 19 May 2020 10:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7690

Actions (login required)

View Item View Item