PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL PENGAJARAN MUFRODAT SISWA MADRASAH ALIYAH HIDAYATULLAH DEPOK

Fahmi Isa Abdulloh, . (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL PENGAJARAN MUFRODAT SISWA MADRASAH ALIYAH HIDAYATULLAH DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Fahmi Isa Abdulloh 2715102249 (Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Pengajaran Mufroda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA Hidayatullah Depok pada semester 8 Tahun Pelajaran 2013/2014, yang dimulai dari Bulan Mei 2014 sampai dengan bulan Juni 2014 dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan sejauh mana Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Pengajaran Mufrodat pada siswa MA Hidayatullah Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas X sebanyak 30 siswa, yang terdiri dari 15 siswa dari Kelas Eksperimen dan 15 siswa dari Kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t pada tarif signifikasi  = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan beberapa tes seperti Uji Homogenitas dan Uji Normalitas, baru setelah itu akan diperoleh hasil dari Uji-t. Setelah melakukan beberapa tes, maka nilai thitung yang diperoleh sebesar 10,32 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan (n-2)=28 sebesar 1,70. Maka harga thitung > harga ttabel. Dengan demikian, Hipotesis Nol (H0) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Pengajaran Mufrodat siswa ditolak, sedangkan Hipotesis Penelitian (H1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil pengajaran Mufrodat siswa dapat diterima. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar bahasa arab dalam pengajaran mufrodat antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar. Yaitu hasil belajar bahasa arab dalam pengajaran mufrodat siswa yang diajarkan menggunakan media gambar lebih baik daripada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Oct 2019 15:31
Last Modified: 29 Oct 2019 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item