PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NURUL IMAN JAKARTA.

FAIKHOTUL INAYAH, . (2018) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NURUL IMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Faikhotul Inayah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara fasilitas belajar dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Nurul Iman Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai bulan Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode peneitian yang digunakan adalah metode survey melalui pengamatan dan wawancara sederhana dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Nurul Iman yang berjumlah 420. Populasi terjangkaunya yaitu siswa kelas XI 140 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling atau teknik acak proporsional. Data variabel Y (Hasil Belajar), X1 (Fasilitas Belajar) dan X2 (Lingkungan Sosial) merupakan data primer dengan instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan model skala likert. Untuk mendapatkan data hasil belajar (Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai UTS mata pelajaran kewirausahaan semester ganjil. Kemudian data fasilitas belajar (X1) dan Lingkungan Sosial (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara fasilitas belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,786 > nilai ttabel sebesar 1,664. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara lingkungan sosial dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 3,548 > nilai ttabel sebesar 1,664. Fasilitas belajar dan lingkungan sosial secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 35,800 > Ftabel sebesar 3,15. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 18,120 + 0,330X1 + 0.264X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,417 yang artinya fasilitas belajar (X1) dan lingkungan sosial (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 41,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. RR Ponco Dewi K., MM 2) Marsofiyati S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Ekonomi Rumahan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Oct 2019 15:21
Last Modified: 29 Oct 2019 15:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item