MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) PADA SISWA KELAS IVDI SDNCILODONG 1, DEPOK

INTAN FEBRIANI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) PADA SISWA KELAS IVDI SDNCILODONG 1, DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring)pada siswa kelas IV SDN Cilodong 1 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasIV pada semester 2 tahun 2015/2016. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan denganmenggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksisebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika dalam penyelesaian masalah pecahan mengalami peningkatan dari siklus I 60,52% dan pada siklusII mencapai 81,57%. Penerapan strategi REACT juga meningkat dari siklus I persentase perolehan guru sebesar 75% dan perolehan siswa sebesar 70,83%, siklus II persentase perolehan guru sebesar 91,67% dan perolehan siswa sebesar 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SDN Cilodong 1 Depok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Dra.Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:07
Last Modified: 18 Jun 2020 13:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7836

Actions (login required)

View Item View Item