PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD(StudiEksperimen di SDNKelurahanLubangBuayaKecamatan CipayungJakarta Timur)

ISANA DHIA ULFA, . (2016) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD(StudiEksperimen di SDNKelurahanLubangBuayaKecamatan CipayungJakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Other
ABSTRK-DAFTAR_LAMPIRAN(1).PDF
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Other
COVER.PDF

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas V A dan V C SDN Lubang Buaya 11 Jakarta Timur dengan jumlah 70 siswa pada kedua kelasnya. Penggunaan sampel menggunakan teknik ClusterRandom Sampling.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitunglebih besar dari ttabelpada α = 0,05yaitu 4,2408 >1,6676 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 83,81 > 73,33

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2020 14:14
Last Modified: 18 Jun 2020 14:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item