UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS II SDN PEJATEN TIMUR 11 PAGI PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN

NUR RIZKI AMALIA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS II SDN PEJATEN TIMUR 11 PAGI PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
3. Lembar Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas2 melalui media konkret. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan pada bulan Mei hingga Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan, (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelas 2 SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu yang memiliki nilai matematika dibawah KKM, berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan dan data hasil belajar matematika siswa yaitu melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan dokumen. Analisis presentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kesepakatan peneliti dan kolaborator adalah dengan menggunakan presentase kenaikan diakhir siklus mencapai 71%. Analisis data diperoleh dari hasil presentase kenaikan diakhiri siklus mencapai 82,60%. Hasil akhir dari keseluruhan analisis presentase data adalah peningkatan mencapai lebih dari 71%. Berdasarkan peningkatan presentase dari penelitian ini, semua siswa telah mencapai presentase kenaikan mencapai 71%, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd ; 2). Dra.Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2020 16:42
Last Modified: 26 Jun 2020 16:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item