UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA DALAM KONTEKS KALIMAT BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE READ ALOUD (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD MATAHARI BERSINAR, Kel. Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur)

RINI PURNAWASARI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA DALAM KONTEKS KALIMAT BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE READ ALOUD (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD MATAHARI BERSINAR, Kel. Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I READ ALOUD jadi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II READ ALOUD jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III READ ALOUD jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV READ ALOUD jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V READ ALOUD jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
cover skripsi READ ALOUD.pdf

Download (15kB)
[img] Text
daftar isi dll skripsi READ ALOUD new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Image
lembar persetujuan pembimbing.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Image
surat pernyataan keaslian skripsi.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun melalui metode Read Aloudyang dilaksanakan di PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, KecamatanDuren Sawit, Jakarta Timurpada bulan Mei –Juni 2016.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah 7 anak kelas Mawar PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang belum maksimal dalam memahami pembelajaran Bahasa Inggris.Teknik pengumpulan data melalui catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi photo kegiatan. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisisdata persentase diperoleh capaian sebesar 55,8% pada siklus I dan capaian sebesar 69,2% pada siklus II. Saat Pra Penelitian capaian angka pemahaman kosakata anak sebesar 34,5%, ini berarti sejak Pra Penelitian hingga siklus II terdapat peningkatan sebesar 34,7%. Berdasarkan hasil persentase kenaikan yang telah ditetapkan maka hipotesis tindakan diterima.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode Read Alouddapat meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan adanya pengkondisian dan perencanaan dalam metode Read Aloud denganmembacakan cerita Bahasa Inggris sederhana dapat dijadikan alternatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si ; 2). Dr. Nurjannah SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 15:08
Last Modified: 30 Jun 2020 15:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item