HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 14 BEKASI

Adlina Rifka, . (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 14 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Alin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung sejak bulan Maret sampai dengan Mei 2016. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode korelasiPopulasi target penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bekasi yang berjumlah 1037 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel melalui porpotional random sampling. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 48,5% dari jumlah populasi tiap kelas yang ditentukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 siswa.Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel X (Kecerdasan Emosional) dengan menggunkan skala likert. Uji coba dilakukanmelalui uji validitas dengan rumus r product momentdengan 45 butir soal valid untuk instrumen kecerdasan emosional. Dilanjutkan dengan uji reliabilitas dimana didapat reliabilitas dari kuesioner kecerdasan emosional sebesar 0,914yang berarti sangat reliabel, sedangkan data nilai hasil belajar sejarah diperoleh dari nilai Ujian Akhir Semester yang didapat dari guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 14 Bekasi.Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas dengan menggunakan rumus Liliefors, didapat nilai Lhitunguntuk kecerdasan emosional sebesar 0,069 dan untuk hasil belajar sejarah sebesar 0,056. Nilai Ltabel untuk n=50 dan taraf signifikansi 95% (α=0,05sebesar0,125)sehingga Lhitung< Ltabel dan dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi norma. Analisis regresi liniear sederhana menghasilkan persamaan regresi linier, didapat a= 21,7245 dan b=.0,36174diperoleh persamaan regresinya adalah Ŷ=21,72+0,362X. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diketahui terdapat perubahan 1 nilai variabel kecerdasan emosional maka akan diikuti dengan berubahnya variabel hasil belajar sejarah sebesar 21,7245 pada konstanta 0,362. Hasil hitung uji keberartian regresi pada α =0,05 didapat Fhitung= 46,16 sedangkan Ftabel = 4,04 dimana Fhitung>Ftabelhal ini menunjukkan bahwa regresi berarti. Hasil perhitungan linieritas pada α =0,05 didapat Fhitung= 1,13 sedangkan Ftabel= 2,57. Fhitung< Ftabelhal tersebut menunjukkan bahwa regresi yang digunakan Liniear. Pengujian hipotesis ini diperoleh rhitung sebesar 0,700 sedangkan rtabeluntuk n = 50 siswa dengan taraf α =0,05 adalah 0,279. Ini berarti nilai rhitung> rtabel. Uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dengan dk (n-2) = (50-2) = 48 sebesar 1,68 dari hasil pengujian didapat rhitung= 6,79 > rtabel= 1,68Kesimpulan yang dapat diambil ialah H0ditolak dan H1diterima dengan demikian terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 14Bekasi dari koefisien determinasi sebesar 49,03% dari variabel X yang ditentukan oleh variabel Y

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Djunaidi, M.Hum ; 2). Dr. Umasih, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2020 15:27
Last Modified: 08 Jul 2020 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8081

Actions (login required)

View Item View Item