Agnina Gina Addini, . (2016) STRATEGI ORANG TUA ASUH DALAM MENINGKATKANKEDISIPLINAN BERIBADAH ANAK(STUDI KASUS ASRAMA YATIM MIZAN AMANAH PERUMNAS RAYA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AGNINA GHINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah unukmengetahui strategi apayangdigunakan oleh orang tua asuh dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah anak diasrama yatim Yayasan Mizan Amanah Perumnas Raya, Jakarta Timur.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif denganmetode analisis deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian inimenggunakan teoriFred R Davidyang mengatakan bahwa ada tiga tahapan strategiyaitu, tahap penyusunan strategi, tahap penerapan strategi, dan tahap evaluasistrategi. Teori ini dikaitkan dengan teoriSkinneryang disesuaikan dengan ajaranRasulullah SAW dalam meningkakan kedisiplinan beribadah yaitu dengan polapembiasaan yang termasuk didalamnya reinforcement, dan juga modeling.Berdasarkan penelitian yang dilakukan,didapatkan hasil bahwadalam tahappenyusunan strategi orang tua asuh menerapkan peraturan, menyiapkan hadiah danhukuman. Dalam tahap penerapan, orang tua asuh menerapkan peraturan yang telahdibuat, membiasakan sholat berjama’ah, memberikan hadiah, perhatian serta pujiankepada anak yang mengikuti peraturan dengan baik dan memberikan hukumankepada anak yang melanggar peraturan. Terakhir, dalam tahap evaluasi orang tuaasuh tidak lagi menerapkan peraturan yangmenyulikan anak, memberikanperingatan secara langsung dan mendatangkan guru fiqh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sari Narulita, Lc.,M.Si ; 2). Ahmad Hakam, M.A |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 16:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 16:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8107 |
Actions (login required)
View Item |