Kontribusi Spiritualitas dalam Meningkatkan Etos Belajar Mahasiswa(Studi Kasus : Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta)

AULIA ISTIQOMAH, . (2016) Kontribusi Spiritualitas dalam Meningkatkan Etos Belajar Mahasiswa(Studi Kasus : Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AULIA_ISTIQOMAH_4715126897.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan, mengidentifikasikan dan menganalisis pemahaman spiritualitas, makna belajar, serta pengaruh spiritualitas terhadap etos belajar mahasiswa Prodi IAI. Kontribusi yang diberikan oleh aspek spiritualitas menurut Ary Ginajar Agustian mencakup 6 sikap yaitu terbuka, empati/ peduli, objektif, tanggung jawab, komitmen tinggi, dan mandiri. Sedangkan pada aspek etos belajar menurut Wardi Bachtiar mencakup 4 sikap yaitu motivasi, rasionalitas, disiplin dan kreativitas. Yang mana menurut Danah Zohar dan Ian Marshall, dengan spiritualitas akanmengarahkan manusia mencapai kebermaknaan dalam hidup.Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman Mahasiswa IAI tentang spiritualitas adalah spiritualtidak hanya berhubungan dengan Tuhan semata, akan tetapi juga berhubungan dengan sesama manusia. Sedangkan makna belajar menurut mahasiswa adalah perubahan tingkah laku dan akhlak mahasiswa sesuai dengan sikap-sikap dan ketentuan yang berlaku. Sehingga mengarahkan mahasiswa menuju ke arah yang lebih baik. Lalu pengaruh spiritual terhadap etos belajar pada Mahasiswa IAI memiliki kaitan yang erat karena dengan nilai-nilai spiritual yang tertanam pada diri mahasiswa dapat diwujudkan melalui perilakunya dalam kegiatan belajar. Dan hasil hasil penyebaran angket dan observasi kepada Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta angkatan 2012-2015 bahwa kontribusi spiritualitas yang menonjol terlihat dalam aspek tanggung jawab yaitu sebesar 92,90% dan sikap empati sebesar 87%.Yang mana hasil tersebut mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa IAI dengan memperoleh hasil sebesar 93.75%. Hal ini vimenyatakan bahwa kontribusi spiritualitas dalam meningkatkan etos belajar mahasiswaterbilang baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2020 16:09
Last Modified: 21 Jul 2020 16:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item