PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ANALISA REAL I MAHASISWA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL

SUTRISNI ANDAYANI, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ANALISA REAL I MAHASISWA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Analisa Real I, materi pokok barisan dan limit. Desain eksperimen menggunakan treatment by level 2x2 dengan sampel berjumlah 40 mahasiswa pendidikan matematika FKIP UM Metro pada semester genap TA. 2016/2017, terbagi dalam kelompok pembelajaran Reciprocal teaching dan Ekspositori pada kategori berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah. Langkah-langkah pembelajaran Reciprocal Teaching yaitu: questioning, predicting, clarifying dan summarizing, sedangkan pada ekspositori yaitu: presentasion, guided practice, independent practice dan generalization. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan ANKOVA, diperoleh hasil bahwa: 1) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan strategi pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari pada Ekspositori, dengan mengontrol kemampuan awal, 2) ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan taraf berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan mengontrol kemampuan awal, 3) pada mahasiswa yang berpikir kritis tinggi, pembelajaran Reciprocal Teaching lebih efektif dari pada Ekspositori dengan mengontrol kemampuan awal dan 4) pada mahasiswa yang berpikir kritis rendah pembelajaran Ekspositori lebih efektif dari pada Reciprocal Teaching dengan mengontrol kemampuan awal. Disarankan untuk menggunakan pembelajaran Reciprocal Teaching yang inovatif agar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. **************************** The aim of this study is to determine the effect of learning strategies and the level of critical thinking on student learning outcomes of Real Analysis I subject, on sequence and limit. Design of the experiments use treatment by level of 2x2 by totaling 40 students sampling of mathematics education at the FKIP Universitas Muhammadiyah Metro second semester 2016/217, those are divided into Reciprocal Teaching and Expository Learning groups in the category of high and low critical thinking. Reciprocal Teaching learning steps are: questioning, predicting, clarifying and summarizing, while expository are: presentation, guided practice, independent practice and generalization. The data obtained through on the tests is analyzed by using ANCOVA, it is obtained results that: 1) the student learning outcomes which using the Reciprocal Teaching strategy are higher than Expository by controlling its initial abilities, 2) there is an interaction effect of learning strategies and critical thinking on learning outcomes by controlling initial abilities, 3) on high critical thinking, the Reciprocal Teaching strategy more effective than Expository Learning by controlling initial ability and 4) on the low critical thinking, Expository Learning is more effective rather than Reciprocal Teaching by controlling initial abilities. It is recommended that using innovative Reciprocal Teaching strategy in order to improve student-learning outcomes. Keywords: learning strategies, critical thinking, learning outcomes and initial ability

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hartati Muchtar, M.Pd. 2). Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 3963 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2020 11:45
Last Modified: 10 Aug 2020 11:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item