HANA ANNISA DESIANI, . (2016) NGABOGOR DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUNDA(Studi Deskriptif di SMP Negeri 1Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (48kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam dan obyektif mengenai NgaBogordalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal budaya Sunda di SMP Negeri1 Bogor, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan NgaBogor, dan untuk mengetahui respons dari guru dan juga siswa.Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari akhir bulan Februari sampai awal Mei 2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah 8 informan siswa dan 4 informan guru, key-informan (Kepala Dinas Pendidikan, Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif kota Bogor serta Tim GaleriGuru Bogor) dan Expert Opinion(Budayawan Bogor). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa di SMP Negeri 1 Bogor memahami NgaBogorsebagai upaya ngajati diri orang Bogor dengan menggali, mengumpulkan dan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal budaya sunda yang ada di kota Bogor. Pelaksanaan NgaBogordi sekolah ini, seperti ngabodas, ngabulao, dan ngahejosesuai dengan visi, misi, dan motto sekolah. Upaya menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal Budaya Sunda diajarkan lewat integrasi MuLok DaBo pada mata pelajaran PPKn di kelas VII dengan cara mengenalkan tradisi bersalaman sunda, adat ucapan salam “sampurasun‟, dan kaulinan barudak (Permainan tradisional). Respons siswa maupun guru di sekolahini sangat senang dan tidak ada protes dalam pelaksanaanya, karena NgaBogorsebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya sunda
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 19:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 19:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8306 |
Actions (login required)
View Item |