Harvian Putra, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY AROUND TERHADAP KEMAMPUAN ANALISA SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUPDAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN( Studi Eksperimen : Kelas XI SMA Negeri 30 Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Harvian Putra (4315120286).pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe Tea Party Aroundterhadap kemampuan analisa siswa pada materi PelestarianLingkungan Hidupdan PembangunanBerkelanjutandi SMA Negeri 30 Jakarta.Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta Pusat dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 30 Jakarta Pusat. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada Bulan November 2015 –Mei 2016.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimendengan sampel yang pertama yakni siswa kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa soal pretest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh tingkat pencapaian kemampuan analisa dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Tea Party Aroundpada materi PelestarianLingkungandan PembangunanBerkelanjutan, hal ini ditunjukkan dari hasil rerata penilaian yang diperoleh yakni untuk kelas eksperimen sebesar 68,81 sedangkanrata-rata kelas kontrol hanya sebesar 56,05. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung10,166 > t tabel1,998, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe Tea Party Aroundberkontribusidalam peningkatan kemampuan analisa siswa pada materi PelestarianLingkungandan PembangunanBerkelanjutan. 2) Modelpembelajaran kooperatif tipe Tea Party Aroundsangat berkontribusi digunakan pada pokok bahasan Lingkungan Hidupserta Siklus Biogeokimia dan Hubungan antara PelestarianLingkungandan PembangunanBerkelanjutanpada materi PelestarianLingkungandan PembangunanBerkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan persentase kenaikan 64%, 52,54% dan 61,61%pada pokok bahasan tersebutkarena siswa lebih tertarikpadamateridengan suasana yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 20:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 20:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8310 |
Actions (login required)
View Item |