MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELLING PADA SISWA KELAS II-E SDN JATINEGARA 06 PAGI JAKARTA TIMUR

AMY NEZZA, . (2016) MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELLING PADA SISWA KELAS II-E SDN JATINEGARA 06 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AMY NEZZA 1815110752.pdf

Download (363MB)
[img] Text
JURNAL AMY NEZZA 1815110752.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas II SD melalui metode modelling. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II-E yang berjumlah 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, pemberian refleksi dan evaluasi sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang setiap siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu tiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan membaca puisi yaitu sebanyak 66,67 % atau 20 siswa mendapat nilai lebih dari 75 pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86,67 % dari seluruh siswa atau 26 siswa mendapatkan nilai lebih dari 75. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode modelling dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas II SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat keterampilan siswa sehingga dapat merancang proses pembelajaran Bahasa Indonesia untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dra. Edwita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 12:39
Last Modified: 30 Oct 2019 12:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item