PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT) PADA PEMBELAJARAN PKn TERHADAP PERILAKU DEMOKRATIS(Studi Eksperimen Di SMP Negeri 109 Jakarta Timur)

Inti Nur Anesa, . (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT) PADA PEMBELAJARAN PKn TERHADAP PERILAKU DEMOKRATIS(Studi Eksperimen Di SMP Negeri 109 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
PERNYATAAN PPUBLIKASI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran value clarification technique terhadap perilaku demokratis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan sampel sebanyak 60 orang siswa. Dibagi menjadi 30 orang sebagai kelas eksperimen, dan 30 oang siswa lagi untuk kelas kontrol. Dengan teknik pengambilan sampel penelitian random sampling. Untuk mendapatkan data perilau demokratis siswa mengunakan angket sebanyak 32 butir pernyataan dengan pilihan Selalu (S), Sering (Sr), Kadang-kadang (Kk), Pernah (P), Tidak Pernah (TP) dengan berisi pernyataan positif dan pernyataan negatif.Uji validitas intrumen perilaku demokratis menggunakan rumus korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05 dengan N = 60 diperoleh rtabelsebesar 0,254. Sedangkan reliabilitas perilaku demokratis digunakan rumus alpha cronbach, dari perhitungan diperoleh hasil sebesar 0,863 sehingga instrumen reliabel. Pada uji coba penelitian diperoleh 32 pernyataan valid dan 14 pernyataan tidal valid/drop. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas data populasi dengan menggunakan liliefors. Dari hasil post testdiperoleh uji Liliefors pada kelas eksperimen adalah Lhitung= 0,067 dan kelas kontrol nilai Lhitung= 0,090 yang keduanya dibawah nilai Ltabelyaitu 0,162 berarti kedua kelas dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan pengujian homogenitas data populasi dilakukan dengan menggunakan uji F atau Uji Fisher. Dari perhitungan yang di dapat Fhitung = 1,26 dan nilai Ftabel dengan taraf signifikan0,05 dengan derajat kebebasan pembilang n1-1 dan derajat kebebasan penyebut n2–1 maka diperolehsebesar Ftabel1,86. Maka dapat disimpulkan data populasi mempunyai varians homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t, pada perhitungan diperoleh thitung= 3,037 sedangkan ttabel= 2,002 maka dalam hal ini Hoditolak pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) dngan rumus (n1+ n2) –2 = 58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku demokratis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada pembelajaran PKn memberikan pengaruh perilaku demokratis lebih tinggi siswa kelas VIII di sekolah SMP Negeri 109 Jakarta Timur dengan materi Memahami Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Aug 2020 16:33
Last Modified: 18 Aug 2020 16:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item