PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Terbuka Depok Tahun Ajaran 2019/2020)

SIBTHI ANNASYIA, . (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Terbuka Depok Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER (4915160150).pdf

Download (166kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (427kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (298kB)
[img] Text
05 LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (394kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan pada Kelas VIII-C yang berjumlah 37 peserta didik di SMP Negeri 3 Terbuka Depok sejak bulan Januari sampai bulan Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 59% (22 peserta didik) yang memperoleh nilai diatas KKM 65 dengan rata-rata nilai 64, dan pada siklus 2 sebesar 84% (31 siswa) yang memperoleh nilai diatas KKM 65 dengan rata-rata nilai 76. Selain hasil belajar, keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Persentase keaktifan peserta didik pada siklus 1 sebesar 0% untuk peserta didik yang sangat aktif dalam kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, berpendapat dan kerja sama. Kemudian pada siklus 2 meningkat dengan persentase sebesar 8% untuk peserta didik yang sangat aktif dalam kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan, serta 11% untuk peserta didik yang sangat aktif dalam kemampuan berpendapat dan kerja sama. Dengan demikian model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik diatas KKM 65 dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam aspek kemampuan bertanya, menjawab, berpendapat, dan kerja sama. This research aims to find out the implementation of Reciprocal Teaching model to increase result of social sciences learning. This research was conducted in Class VIII-C, consisting of 37 students, in Junior High School of Terbuka 3 Depok from January to March 2020. A Classroom Action Research was used in this research, consisting of two cycles, and each cycle consisted of four stages; Planning, Acting, Observing, and Reflecting. The research results showed an increase in each cycle. In cycle 1, 59% (22 students) passed the KKM (65) with an average score of 64. In cycle 2, 84% (31 students) passed the KKM (65) with an average score of 76. In addition to learning result, students activeness also improved in each cycle. The percentage of students activeness in cycle 1 was 0% for students who were very active in asking question, answering question, providing opinion, and cooperating. Meanwhile in cycle 2, the number increased to 8% for students who were very active in asking and answering question, and increased to 11% for students who were very active in providing opinion and cooperating. Thus, it can be concluded that the Reciprocal Teaching model can improve students social science learning result above the KKM (65) and improve students activeness in the aspects of asking, answering, providing opinion, and cooperating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 4170 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2020 14:00
Last Modified: 21 Aug 2020 18:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item