PARTISIPASI MAHASISWA SEBAGAI RELAWAN PENDIDIKAN (STUDI KUALITATIF DI YAYASAN ISTANA BELAJAR ANAK BANTEN CHAPTER KOTA TANGERANG SELATAN)

RIZKIASIH FEBRI HAPSARI, . (2020) PARTISIPASI MAHASISWA SEBAGAI RELAWAN PENDIDIKAN (STUDI KUALITATIF DI YAYASAN ISTANA BELAJAR ANAK BANTEN CHAPTER KOTA TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang: 1) Tingkat partisipasi mahasiswa sebagai relawan pendidikan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan. 2) Bentuk partisipasi mahasiswa sebagai relawan pendidikan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan. 3) Faktor-faktor yang mendorong kontribusi partisipasi mahasiswa sebagai relawan pendidikan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan dari bulan Februari sampai Mei 2020 di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada informan yang merupakan mahasiswa/i yang menjadi relawan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan sejumlah 4 orang dan key informan berjumlah 1 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat partisipasi mahasiswa sebagai relawan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten Chapter Kota Tangerang Selatan dalam 2 tahun terakhir cukup tinggi, yaitu pada tahun 2019 sejumlah 16 dari total 18 relawan. Dan pada tahun 2020 sejumlah 13 orang dari total 16 orang relawan. 2) Bentuk partisipasi mahasiswa sebagai relawan di Yayasan Isbanban terbagi atas 2, yaitu partisipasi nyata dan partisipasi tidak nyata (abstrak). Partisipasi nyata berupa partisipasi tenaga, harta benda, dan partisipasi keterampilan. Sedangkan partisipasi tidak nyata berupa buah pikiran (ide). 3) Faktor-faktor pendorong mahasiswa berpartisipasi sebagai relawan pendidikan di Yayasan Isbanban ialah didorong oleh rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. This research aims to get information about: 1) The rate of Student Participation as an Educational Volunteer in Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City. 2) The form of Student Participation as an Educational Volunteer in Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City. 3) Factors driving students to participate as an educational volunteers at Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City. This study uses a qualitative approach and was conducted from February to May 2020 in Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City. This study use a qualitative approach with descriptive method. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. Interviews were conducted to informants who were students volunteer of Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City totaling 4 people and key informants 1 people. The results showed that: 1) From the past 2 years, student participation as an educational volunteer in Istana Belajar Anak Foundation, Chapter South Tangerang City was quite high. In 2019 are 16 students from total 18 volunteer. And in 2020 are 13 students from total 16 volunteers. 2) The form of student participation as educational volunteers in the Isbanban Foundation is divided into two parts; namely real participation and non-tangible (abstract) participation. Real participation in the form of participation of energy, property, and skills. While abstract participation is not real in the form of a thought. 3) Factors driving students to participate as educational volunteers at Isbanban Foundation are driven by empathy and concern for others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Etin Solihatin, M.Pd ; 2). Raharjo, S.Pd, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4334 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 11:57
Last Modified: 25 Aug 2020 11:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item