PENDIDIKAN KARAKTER SISWI MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN KEPUTRIAN (STUDI KUALITATIF DI SMAN 16 JAKARTA)

LITA PERMATA SARI, . (2020) PENDIDIKAN KARAKTER SISWI MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN KEPUTRIAN (STUDI KUALITATIF DI SMAN 16 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-4115163195.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (137kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan keagamaan keputrian di SMAN 16 Jakarta dalam upaya meningkatkan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswi, 2) Untuk mengetahui faktor yang dapat meningkatkan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan keagamaan keputrian pada SMAN 16 Jakarta, 3) Untuk mengetahui adakah perubahan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswi selama melakukan kegiatan keagamaan keputrian di SMAN 16 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMAN 16 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kegiatan keagamaan keputrian merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswi di SMAN 16 Jakarta dengan di isi materi yang bervariasi mulai dari tentang beribadah, akhlak (tingkah laku), etika, cara berpaikan, keutamaan bersedekah, dan berbagai macam masalah lainnya yang berkaitan dengan wanita, 2) faktor internal, yang dapat meningkatkan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswa ialah berdasarkan kemauan dan kesadaran siswa akan pentingnya karakter tersebut serta adanya dorongan dalam 1diri siswa untuk melakukan kebiasan dan perilaku baik yang dimiliki siswa seperti adanya kemauan untuk menutup aurat atau berhijab, adanya kemauan untuk bersedekah, dan adanya rasa tanggung jawab atas semua yang mereka lakukan, faktor eksternal yang memiliki sumber beragam seperti pendidikan di sekolah, 3) adanya perubahan dari diri siswi setelah mengikuti kegiatan keagamaan keputrian seperti perubahan yang terjadi pada karakter religius siswi yaitu mengerjakan salat tepat waktu, perubahan yang terjadi pada karakter peduli sosial yaitu lebih sering bersedekah, perubahan yang terjadi pada karakter tanggung jawab yaitu siswi lebih bertanggung jawab lagi atas perbuatan yang mereka lakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kegiatan keagamaan keputrian merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswi di SMAN 16 Jakarta, 2) faktor yang dapat meningkatkan karakter religius, peduli sosial, dan tanggung jawab siswi dalam kegiatan keagamaan keputrian yaitu faktor internal dan faktor eksternal, 3) adanya perubahan dari diri siswi setelah mengikuti kegiatan keagamaan keputrian seperti yaitu mengerjakan salat tepat waktu, lebih sering bersedekah, dan lebih bertanggung jawab lagi atas perbuatan yang mereka lakukan This study aims to 1) to know implementation the girl religious activities in SMAN 16 Jakarta as an effort to improve religious character, social care, and the responsibility of the students, 2) to know the factors that can improve religious character, social care, and responsibility of students in girl religious activities in SMAN 16 Jakarta, 3) to aware the changes in religious character, social care, and responsibility of the students during the girl religious activities in SMAN 16 Jakarta. The method used in this research is with qualitative descriptive methods. The research was held at SMAN 16 Jakarta. Data collection techniques used are observation, interview, and documents. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The results of this study show that 1) the girl religious activities is one of the efforts to improve religious character education, social care, and the responsibility of the students in SMAN 16 Jakarta, consist of various materials such worship, morality (behavior), etiquette, dressing, charity, and various problems related to girls, 2) internal factors, which can improve religious character , social care, and responsibility of students, based on the willingness and awareness of the students related to the importance of the character and the student encouragement to do habit and behavior of the students, such as the willingness to wear hijab, do charity, and be responsible, external factors have a various sources such as parents , environmental associations, and education, 3) A student change after following the girl religious activities is doing prayer on time, the social change is giving more charity, the change in the character of responsibility is the students become more talking responsibility for things they do. Based on the results of that research 1) the girl religious activities is one of the efforts to improve religious character education, social care, and the responsibility of the students in SMAN 16 Jakarta, 2) factors that can increase religious character, social care, and responsibility of students in the girl religious activities are internal and external factors, 3) A student change after following the girl religious activities doing prayer on time, giving more charity, the students become more talking responsibility for things they do.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irawaty, S.H., M.H., Ph.D ; 2). Mohammad Maiwan, M.Si., Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4230 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2020 12:12
Last Modified: 24 Aug 2020 12:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item View Item