TOBING TUMBUR, . (2020) MODEL RENCANA STRATEGI (RENSTRA) UNIVERSITAS INDONESIA DAN IMPLEMENTASI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perguruan tinggi memerlukan kepemimpinan lincah (agile) dan memiliki makna intelektual akademisi. Untuk itu pemimpin memerlukan kepekaan dan responsif terhadap perubahan yang sangat cepat. Oleh karena itu manajemen strategi di wilayah HEIs telah mengalami perubahan signifikan dari berbagai faktor, maka perlu membentuk pola penataan perguruan tinggi yang lebih dinamis. Perguruan tinggi semakin fokus pada hasil manajemen kinerja. Realita ini memperlihatkan tumbuhnya persaingan antar Perguruan Tinggi kemudian Peneliti menggunakan alat ukur balanced scorecard untuk memperlihatkan efektivitas model renstra UI dan implementasi, melalui penerjemahan ke beberapa perspektif seperti visi dan strategi, keuangan, pemangku kepentingan (pelanggan), proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menelusuri efektivitas Model Renstra UI dan implementasi. Penelitian ini menggunakan analisis pada data primer dengan wawancara dan observasi dan data sekunder dokumen tentang Renstra (Perencanaan Strategis). Penelitian ini memiliki novelty untuk menggambarkan bahwa Perguruan Tinggi membutuhkan indikator terukur yang dapat mencerminkan nilai dan keunggulan yang dapat dicapai melalui investasi dalam teknologi, inovasi, mahasiswa, dosen dan staf. Hal ini merujuk dari penelusuran analisa gap bahwa, Institusi Pendidikan Tinggi harus memiliki kerangka kerja BSC karena dapat membina koneksi dan membangun harmoni antara indikator kinerja utama. Sehingga implikasi logis dari kerangka kerja Balanced Scorecard (BSC) adalah untuk mendapatkan strategi unggul pada sistem manajemen dan akan digunakan di Higher Education Institution (HEIs) untuk membantu cara menjelaskan visi dan misi lalu menerjemahkan visi menjadi strategi yang sudah ditetapkan. Kontribusi dari penelitian ini akan menunjukkan bagaimana model Renstra UI dan implementasi adalah mewakili kepentingan utama dalam kompetisi persepsi HEIs untuk itu perguruan tinggi perlu mengembangkan kelincahan yang bermakna karena universitas harus mampu mengantisipasi dan merespons perubahan kecepatan dengan tingkat produktivitas tinggi dalam hubungan internal dan eksternal. Selanjutnya Peneliti memberikan beberapa kesimpulan dan rekomendasi untuk mendorong efektivitas model Renstra Universitas Indonesia dan implementasi. Higher education requires agile leadership (agile) and has academic intellectual meaning. For that, leaders need sensitivity and responsiveness to changes that are very fast. Therefore, strategic management in the HEIs area has undergone significant changes from various factors, so it is necessary to form a more dynamic pattern of higher education management. Higher education is increasingly focused on performance management results. This reality shows the growing competition between universities. Then the researcher uses a balanced scorecard measuring tool to show the effectiveness of the UI strategic plan and implementation, through translation into several perspectives such as vision and strategy, finance, stakeholders (customers), internal business processes, and learning perspectives and growth. This research approach uses qualitative methods. The purpose of this research is to explore the effectiveness of UI's Strategic Plan Model and its implementation. This study uses analysis of primary data with interviews and observations and secondary data on documents about the Strategic Planning (Strategic Planning). This research is novelty to illustrate that higher education institutions need measurable indicators that can reflect the values and advantages that can be achieved through investment in technology, innovation, students, lecturers and staff. This refers to the tracing of the gap analysis that Higher Education Institutions must have a BSC framework because it can foster connections and build harmony between key performance indicators. So the logical implication of the Balanced Scorecard (BSC) framework is to get a superior strategy in the management system and it will be used in Higher Education Institutions (HEIs) to help explain the vision and mission and then translate the vision into a predetermined strategy. The contribution of this research will show how the UI Renstra model and implementation represent the main interest in the perception competition of HEIs for that universities need to develop meaningful agility because universities must be able to anticipate and respond to changes in speed with high levels of productivity in internal and external relations. Furthermore, the researcher provides several conclusions and recommendations to encourage the effectiveness of the University of Indonesia's Strategic Plan model and its implementation.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Ilmu Sosial > Keuangan Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 4576 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 14:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 14:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8677 |
Actions (login required)
View Item |