ARUM FATAYAN, . (2020) PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA KECAMATAN PESANGGRAHAN KOTA JAKARTA SELATAN. Doktor thesis, UNJ.
Text
COVER pdf.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB 1. pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2 pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
daftar pustaka new pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text
lampiran pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah swasta di kecamatan pesanggrahan kota Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode multi situs. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan Miles-Huberman dengan mengikuti langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi, pengujian keabsahan data, dan memperoleh kesimpulan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi madrasah untuk meningkatkan kinerja para staf, menawarkan partisipasi langsung kelompok-kelompok yang terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan.. Temuan ini menyarankan agar kepala madrasah sebagai pemimpin madrasah beserta semua jajaran sekolah yaitu para guru untuk berkoordinasi lebih aktif dan kreatif menentukan dan mencapai target pembelajaran dan pencapai keseluruhan program madrasah. Pencapaian target yang dimaksud di antaranya berupa optimalisasi pengembangan potensi akademik dan juga non akademik. Kemampuan akademik difokuskan pada upaya dewan guru untuk membawa peserta didik nya pada nilai di atas KKM (Kelompok Kerja Madrasah) dan meningkatkan perolehan nilai UN (Ujian Nasional). Serta untuk kemampuan non akademik difokuskan pada pencapaian prestasi ekstrakurikuler seperti olahraga, pramuka, paskibra, drumband, marawis dan lain-lain di tingkat antar sekolah, kota, provinsi bahkan Nasional. Kepala madrasah terus menerus melakukan koordinasi organisasi dan kinerja warga sekolah tentang perlu memberi sanksi kepada seluruh warga madarasah yang melakukan beberapa kali pelanggaran organisasi, manajemen, tugas, disiplin kepegawaian dengan pemberitahuan lisan maupun tertulis. Kepala madrasah lebih memberdayakan sumberdaya yang ada di madrasah. Keywords : Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah Tsanawiyah, Multi Situs ABSTRACT The purpose of this study is to describe the implementation of school-based management in private Madrasah Tsanawiyah in the pesanggrahan sub-district of South Jakarta. This study uses a qualitative research approach with a multi-site method. This research data collection technique uses observation, interviews and documentation studies. To analyze the data used Miles-Huberman by following the steps of data reduction, data display, verification, testing the validity of the data, and obtaining conclusions through triangulation of data sources and triangulation of techniques. Autonomy in management is a potential for madrasas to improve the performance of staff, offer direct participation of related groups, and increase community understanding of education. and creatively determine and achieve learning targets and achieve the overall madrasa program. Achievement of the intended targets includes optimizing the development of academic and non-academic potential. Academic ability is focused on the efforts of the teacher council to bring students to grades above the KKM (Madrasah Working Group) and increase the acquisition of UN scores (National Examination). As for non-academic abilities focused on the achievement of extracurricular achievements such as sports, scouts, paskibra, drumband, marawis and others at the inter-school, city, provincial and even national levels. The madrasa head continues to coordinate the organization and performance of school residents regarding the need to sanction all citizens of Madarasah who have committed several violations of the organization, management, duties, staffing discipline with verbal and written notice. The madrasa head is more empowering the resources available in madrasa. Keywords: School Based Management, Madrasah Tsanawiyah, Multi Sites
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd ; Prof. Dr. Eliana Sari, MM |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 4412 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 14:07 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 15:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8722 |
Actions (login required)
View Item |