PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN SYARIAH PADA KANTOR CABANG KRAMAT RAYA DI JAKARTA PUSAT

CRI MONA LEONITA, . (2012) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PRODUK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN SYARIAH PADA KANTOR CABANG KRAMAT RAYA DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cri mona leonita (8125087892).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pengetahuan tentang Produk Syariah dengan Kepuasan Nasabah pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Kramat Raya di Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah pada Kantor Cabang Kramat Raya di Jakarta Pusat. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 nasabah, yang merupakan nasabah Pegadaian Syariah pada Kantor Cabang Kramat Raya di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Pengetahuan tentang Produk Syariah) adalah tes dan variabel Y (Kepuasan Nasabah) diukur menggunakan skala Likert. Dimana variabel X dari 20 pernyataan yang telah divalidasi, butir yang valid sebanyak 18 pernyataan, sisanya 2 butir drop dengan menggunakan rumus Korelasi Poin Biserial. Variabel Y dari 20 butir pernyataan yang telah divalidasi, butir yang valid sebanyak 17 butir, sisanya 3 butir drop menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,870. Hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,933. Teknis analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 30,28 + 0,482X. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0,075) < Ltabel (0,092), hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji keberartian koefisien regresi dan kelinearan persamaan regresi dengan menggunakan tabel ANAVA terlihat bahwa Fhitung (87,56) > Ftabel (3,95) yang menyatakan koefisien regresi berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (-6,10) < Ftabel (1,19) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Penelitian koefisien korelasi dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy = 0,701. Dan uji signifikansi thitung (6,69) > ttabel (1,63), maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif, sedang dan signifikan antara pengetahuan tentang produk syariah dengan kepuasan nasabah. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,4914 ini berarti variasi variabel kepuasan nasabah dipengaruhi sebesar 49,14% oleh pengetahuan tentang produk syariah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pengetahuan tentang produk syariah dengan kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Kantor Cabang Kramat Raya di Jakarta Pusat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Sri Indah Nikensari,SE,M.E 2.) Dr. Saparuddin,SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:09
Last Modified: 31 Oct 2019 08:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item