THENNY NANDA WENINGGALIH, . (2020) PENGEMBANGAN GAME CARD "WAKAFUN" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI WAKAF KELAS X DI SMAN 35 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran game card Wakafun pada kelas X di SMAN 35 Jakarta. Wakafun merupakan media pembelajaran berbentuk game card yang membahas materi wakaf untuk kelas X. Dikembangkan untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik. Selain itu juga mengutamakan materi yang akan dipelajari, sehingga peserta didik bisa berperan aktif di dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Memiliki lima komponen terstruktur yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu selama tiga bulan yaitu bulan Februari sampai dengan bulan April tahun 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Wakafun memperoleh nilai melalui validasi ahli media sebesar 3,6 dengan kategori “Baik” dan validasi ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 4,3 dengan kategori “Sangat Baik”. Selain validasi ahli, media pembelajaran Wakafun juga mendapatkan penilaian dari guru Pendidikan Agama Islam SMAN 35 Jakarta dengan perolehan nilai sebesar 3,9 dengan kategori “Baik”. Kemudian hasil uji coba Wakafun kepada peserta didik mendapatkan perolehan prosentasi sebesar 83% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Wakafun layak digunakan. This research aims to develop Wakafun learning media on 10th grade in SMAN 35 Jakarta. Wakafun is a learning media shaped card game to discuss the wakaf subject for 10th grade. Developed to create interesting and fun condition learning for students. It is also give priority to the material which is to be learned, so the students can be active in the process of learning. Methods used in this research are a method of research and development by ADDIE’s model. Having five structured components which are analysis, design, development, implementation, and evaluation. A technique used in data collection is observation, interview, and spread the survey. This research carried out within the time for three months from February until April of 2020. The results of this research indicated that Wakafun learning media received a score through media validation of 3,6 with category “Good” and subject validation by the acquisition value of 4,3 with category “Excellent”. Besides the validation, Wakafun learning media also received scores from Islamic Education Teacher and the value of 3,9 with category “Good”. Then the trial results to students reached a percentage of 83%. So it can be concluded that Wakafun learning media properly to use.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rudi M. Barnansyah, M.Pd.I ; 2). Firdaus Wajdi, PhD |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4805 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 10:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 10:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9132 |
Actions (login required)
View Item |