EVAN RAMADHAN, . (2012) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
EVAN RAMADHAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat dan dapat dipercaya tentang seberapa jauh hubungan antara persepsi siswa tentang sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan terhitung Mei 2012 sampai Juni 2012. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, sedangkan data yang diperoleh berasal dari instrumen yang disebar kepada peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sebanyak 75 orang. Sampel diambil sebanyak 62 siswa dari dua kelas tersebut. Untuk mendapatkan data variabel X (persepsi siswa tentang sense of humor guru) dan data variabel Y (motivasi belajar siswa) digunakan instrumen berbentuk kuesioner skala likert. Setelah itu dilakukan uji validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (persepsi siswa tentang sense of humor guru) sebesar 0,786 sedangkan hasil reliabilitas variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,95. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi. Adapun persamaan regresi yang didapat adalah Ỳ= 70,711 + 0,515X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lo = 0,0962 dibandingkan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,1130 maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (8,23) > Ftabel (4,00) hal ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinearan menghasilkan Fhitung (0,68) < Ftabel (1,78), ini berarti model regresi yang dipakai adalah linear. Uji koefisien korelasi product moment menghasikan rxy = 0.347. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung sebesar 2,867, sedangkan ttabel pada dk= n-2 = 60 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,671, berarti thitung > ttabel. Selain itu, diperoleh uji koefisien determinasi sebesar 12,05% yang berarti bahwa motivasi belajar siswa ditentukan sebesar 12,05% oleh adanya persepsi siswa tentang sense of humor guru. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 10 Jakarta. Hal ini berarti jika semakin tinggi persepsi siswa tentang sense of humor guru maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. Mardi, M.Si 2.) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 11:49 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/950 |
Actions (login required)
View Item |