AYU HASNA RUMASUKUN, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_AYU HASNA RUMASUKUN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V melalui metode Cooperative Learning tipe Group Investigation di SDN Guntur 09 Pagi Jakarta selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Guntur 09 Pagi kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 35 orang. Pembelajaran IPA berlangsung pada semester II, tahun ajaran 2014- 2015 dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe Group Investigation pada siklus I hasil belajar IPA rata-rata 63,5 dan pada siklus II hasil belajar IPA mencapai rata-rata 80,5. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 75,5% sedangkan pada siklus II mencapai 97,5%. Dengan demikian melalui model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang diperoleh semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Group Investigation yang dapat membantu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pelajar yang mandiri dan dapat bersosialisasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., ; 2). Drs. Julius Sagita. M.Pd., |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 14:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 14:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/986 |
Actions (login required)
View Item |