CYNDY FIRDANTI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN MANGGARAI 03 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (270kB) |
|
Text
Bab III .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (96kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (123kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (115kB) |
|
Text
Instrumen Pemantau Tindakan.pdf Download (942kB) |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Manggarai 03 Pagi Jakarta Selatan yang dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari November – Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA melalui model Problem Based Learning diperoleh persentase rata-rata 70% pada siklus I dan 85% pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 96% pada siklus II. Dari hasil pembelajaran ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajaguguk, M.Pd., ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2019 10:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 10:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1012 |
Actions (login required)
View Item |