PENGARUH DETERMINASI DIRI TERHADAP BURNOUT AKADEMIS PADA MAHASISWA

NAZIFAH HANUN, . (2020) PENGARUH DETERMINASI DIRI TERHADAP BURNOUT AKADEMIS PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinasi diri terhadap burnout akademis pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling dengan 348 responden mahasiswa dari perguruan tinggi negeri di DKI Jakarta. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur determinasi diri adalah skala adaptasi dari Basic Needs Satisfaction in General Scale (BNSG-S). Burnout akademis diukur menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI- SS) yang telah diadaptasi. Analisis regresi satu prediktor digunakan untuk mengetahui bagaimana hubungan sebab akibat antarvariabel tersebut. Kaidah pengujian yang dipakai yakni terdapat hubungan kausalitas bila nilai F hitung > F tabel dan p < 0,05. Dari hasil uji analisis regresi yang dilakukan, ditemukan bahwa nilai F hitung sebesar 215,346 lebih besar dari F tabel yakni 3,89 dan signifikansi (p) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan di antara kedua variabel. The aim of the research is to find the relationship between self- determination and academic burnout among university students. The research used quantitative approach with questionnaire as its tool to collect data. The data collecting process used quota sampling technique with a total of 348 students as respondent from all over universities in DKI Jakarta. To measure self-determination, the researcher adapted Basic Needs Satisfaction in General Scale (BNSG-S), and Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) to measure academic burnout. One predictor analysis regression was used to determine the causality between self-determination and academic burnout. The principle used was there’s causality if the value of F number > F table and p < 0,05. The results found that F number = 215,346 was bigger than F table = 3,89 and significance (p) = 0,00 was smaller than 0,05 showed that there’s causality between the two variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gumgum Gumelar, M.Si ; 2). Lupi Yudhaningrum, M.Psi.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Teologi Sosial
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 6042 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 13:15
Last Modified: 16 Sep 2020 13:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item View Item