Hubungan Regulasi Diri dengan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi

SITI BALQIS, . (2020) Hubungan Regulasi Diri dengan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) tingkat regulasi diri dan kemampuan menulis teks LHO pada siswa kelas VII di SMP Negeri 161 Jakarta; (2) ada atau tidaknya hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan menulis teks LHO pada siswa kelas VII SMP Negeri 161 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 161. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 161 Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis product moment. Dapat disimpulkan bahwa (1) skor terendah variabel regulasi diri pada siswa sebesar 106 dan skor tertinggi sebesar 169; (2) Rata-rata tingkat regulasi diri siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 74%; (3) nilai terendah variabel kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa sebesar 56 dan nilai tertinggi sebesar 98; (4) Rata-rata tingkat kemampuan menulis teks LHO pada sampel berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 66%; (5) Terdapat hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan menulis teks LHO pada siswa. Regulasi diri yang baik harus ditananamkan dalam diri siswa agar kemampuan siswa dalam menulis teks LHO dan teks-teks lainnya juga baik. The aim of this study is to find out: (1) The level of self-regulation and the level of writing skills on observation text report; (2) The correlation between self-regulation and writing skills of observation text report in seventh grade students of 161 JHS. The method is correlational type of quantitative. This research is held in 161 JHS. The population is seventh grade students of 161 JHS. The sample are 70 students. The sampling method is probability sampling. The data collection technique used was questionnaire and test. Hypothesis test used was Product Moment Testing technique. The result shows (1) The lowest score variable of self-regulation is 160 and the highest score variable of self-regulation is 169; (2) Middle level is categorized as the average level of student self-regulation there are 74% (3)The lowest score variable of writing skills on observation text report is 56 and the highest score variable of writing skills on observation test report is 98;(4) Middle level is categorized as the average level of writing skills on observation text report there are 66% ; (5) There is a positive correlation between self-regulation and writing skills on observation text report. If writing skills on observation text report and other texts to be good, self-regulation must be instilled in students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sam Mukhtar Chaniago, M.Si ; 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 5465 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 20:15
Last Modified: 06 Jul 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item