PENGARUH IKLAN, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE X PADA MAHASISWA DI JAKARTA

RAHMA PUTRI FATIAH, . (2020) PENGARUH IKLAN, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE X PADA MAHASISWA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara iklan, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone X pada mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dimulai sejak bulan Januari sampai Juli yang terhitung selama 7 bulan pada tahun 2020. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini ialah metode survei dengan pendekatan data kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi ialah mahasiswa di Jakarta sebanyak 159 responden yang diambil meggunakan teknik purposive sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 25,019 + 0,250 X1 + 0,358 X2 + 0,670 X3. Uji persyaratan analisis yaitu menggunakan uji normalitas dan linieritas. Uji normalitas dengan uji Kolmogorov – Smirnov dengan tingkat signifikansi (σ) = 5% atau 0,05% dan menghasilkan tingkat siginifikan Y sebesar 0,200, X1 sebesar 0,068, X2 sebesar 0,061 dan X3 sebesar 0,051. Dikarenakan tingkat signifikansi keempat variabel tersebut > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, X2 dan X3 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity yaitu 0,000 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki pengaruh yang linier. Selanjutnya, dilakukannya uji t dan menghasilkan Y atas X1 thitung = 4.724 > ttabel = 1.65474, Y atas X2 thitung = 5.083 > ttabel = 1.65474 dan Y atas X3 thitung = 8.383 > ttabel = 1.65474. Nilai koefisien korelasi antara variabel Iklan (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,418, nilai koefisien korelasi antara kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,407 dan nilai koefisien korelasi antara variabel gaya hidup (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,601. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan di antara variabel iklan, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh hasil sebesar 0,175 yang menunjukan sekitar 17,5%, Y atas X2 diperoleh sebesar 0,166 yang menunjukan sekitar 16,6% dan yang terakhir Y atas X3 diperoleh hasil sebesar 0,361 yang menunjukkan sekitar 36,1%. Sehingga dapat disimpulkan apabila iklan, kualitas produk dan gaya hidup meningkat maka akan mempengaruhi pula keputusan pembelian yang meningkat. The purpose of this research is to study the large scale between advertising, product quality and lifestyle on the purchase decision Smartphone X on student in Jakarta. This research began from January to July which was conducted for 7 months in 2020. The method used to conduct this research is a survey method using quantitative data. This study has the participation of students in Jakarta many as 159 respondents who were taken using a purposive sampling technique. The resulting regression equation is Ŷ = 25,019 + 0,250 X1 + 0,358 X2 + 0,670 X3. Test requirements analysis using the test for normality and linearity. Test for normality with the Kolmogorov-Smirnov test with a significance level (σ) = 5% or 0.05% and produce a significant level of Y of 0.200, X1 of 0.068, X2 of 0.061 and X3 of 0.051. The variable > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Y linearity regression test for X1, X2 and X3 produces a significance value in Linearity that is 0,000 > 0.05, so it can be concluded that the data has a linear equation. Next, a t test was carried out and Y results over X1 tcount = 4,724 > ttable = 1.65474, Y over X2 tcount = 5.083 > ttable = 1.65474 and Y over X3 tcount = 8.3383 > ttable = 1.65474. The value of the coefficient of rotation between the advertising variables (X1) to the purchase decision (Y) of 0.418, the value of the opposition coefficient between product quality (X2) to the purchase decision (Y) of 0.407 and the value of the correlation coefficient between lifestyle variables (X3) to the purchase decision (Y) of 0.601. Thus, it can determine the positive and significant influence between advertising variables, product quality and lifestyle on purchasing decisions. The coefficient of determination of Y over X1 obtained results of 0.175 which shows about 17.5%, Y of X2 obtained of 0.166 which shows about 16.6% and the last Y of X3 obtained results of 0.361 which shows around 36.1%. Increased can be removed from advertising, product quality and lifestyle increases, so will increase purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Drs. Nurdin Hidayat MM, M.Si. ; 2. Ryna Parlyna, MBA.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4439 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 09:27
Last Modified: 11 Sep 2020 09:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item