PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 16 JAKARTA

EMILIA RIASTANTI, . (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (614kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini membutuhkan waktu selama tiga bulan, terhitung sejak bulan April, 2020 sampai dengan Juni 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi yang terjangkau pada penelitian ini sebanyak 424 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 191 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan stratified random sampling, yang merupakan metode pengambilan sampel pada siswa kelas X dan XI jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran. Teknik ini digunakan secara acak dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Intensi Berwirausaha (Y), variabel Efikasi Diri (X1) dan variabel Kreativitas (X2) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada kuesioner penelitian yaitu instumen penelitian Linan dan Chen (2009) untuk kuesioner Instrumen Berwirausaha (Y), instrumen penelitian De Noble (1999) untuk kuesioner Efikasi Diri (X1) dan instrumen penelitian Hills (1997) dan Puhakka (2005) untuk kuesioner penelitian Kreativitas (X2). Instrumen penelitian sudah teruji sebelumnya dengan uji validitas dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha > 0,60. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas residual, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Kedua, ada uji regresi linear berganda dan ketiga, uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Hasil dari uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 80,464 > Ftabel 3.06, hal ini diartikan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha. Uji t menghasilkan thitung 4,839 > ttabel 1,973 dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN 16 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan persamaan regresi berganda Y= 4,839 + 415x1 + 252x2. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,494 yang berarti bahwa pengaruh efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha sebesar 49,4% dan sisanya 50,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. This study aims to determine whether there is an effect of Self-Efficacy andCreativity on Entrepreneurial Intentions of Students of SMK Negeri 16 Jakarta.This research took three months, starting from April 2020 to June 2020. Thisresearch was conducted using a survey method. The affordable population in thisstudy were 424 students. Based on Isaac and Michael's table, the number ofsamples in this study was 191 respondents. The respondent selection techniqueuses simple random sampling, which is a sampling method for students in class Xand XI majoring in Office Administration, Accounting, and Marketing. Thistechnique is used randomly regardless of the existing strata in the population. Fordata processing, the researcher processed the questionnaire using a Likert scale.The entrepreneurial intention variable (Y), the self-efficacy variable (X1) and thecreativity variable (X2) were primary data in the form of a researchquestionnaire. The research instruments used in the research questionnaire wereLinan and Chen's (2009) research instrument for the Entrepreneurial Instrument(Y) questionnaire, De Noble (1999) research instrument for the Self EfficacyQuestionnaire (X1), and Hills (1997) dan Puhakka (2005) research instrument forthe Creativity research questionnaire. (X2). The research instrument has beentested previously with validity and reliability tests with Cronbach's Alpha> 0.60.The analysis technique used is the classical assumption test which consists of theresidual normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. Second,there is multiple linear regression test and third, hypothesis testing consisting of t-test and F-test. The results of the F test in the ANOVA table produce F-count80,464> F-table 3.06, this means that there is a relationship between self-efficacy and creativity on entrepreneurial intentions. T-test yielded t-count 4,839> t-table 1.973 can be interpreted that there is a positive and significant effect onself-efficacy and creativity on the entrepreneurial intentions of students of SMKN16 Jakarta. Based on the results of data analysis, the multiple regression equationY = 4,839 + 415x1 + 252x2 is obtained. The coefficient of determination (R2) is0.494, which means that the effect of self-efficacy and creativity onentrepreneurial intentions is 49.4% and the remaining 50.6% is influenced byother factors not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henry Eryanto, M.M ; 2). Roni Faslah, S.Pd, M.M
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5546 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2020 08:37
Last Modified: 29 Sep 2020 10:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item