ISKE DIANA TOWOLIU, . (2020) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ISLAM DI TK IZZATI BEKASI Studi Fenomenologi pada Anak Usia 5-6 tahun, 2019. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (233kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan gambaran pendidikan karakter berbasis Islam, peran guru, lingkungan, dan hambatan pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di TK Izzati Bekasi. Metode penelitian fenomenologi dengan teknik pengunpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. TK Izzati menjalankan pendidikan karakter berbasis Islam bernama Program Cinta Rosul yaitu proses pembelajaran dalam satu ruangan dengan melibatkan anak usia 4-6 tahun dan seluruh guru selama 150 menit membaca istighfar, dzikir, shalawat mengikuti irama lagu. Peran guru sebagai pembimbing seperti membimbing anak berwudhu, sebagai teladan cara mengucapkan salam yang baik, sebagai sumber ilmu pengetahuan tentang ciptaan Allah, dan sebagai pembelajar guru mengamati sikap dan perilaku anak. Anak menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya. Bersama-sama membangun lingkungan sosial yang islami. Hambatan pembelajaran adalah tidak tersedianya area yang memungkinkan anak bermain bola, dan kompetensi guru kurang memadai yakni guru tidak memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini. Kata Kunci: pendidikan karakter; Cinta Rosul; Islami.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Sofia Hartati,M.Si 2) Dr. Hapidin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 5475 not found. |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 12:24 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 05:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10697 |
Actions (login required)
View Item |