PENGARUH TEKNIK STORYWRITING (MENULIS CERITA) DALAM KONSELING KELOMPOK NARATIF UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI EMOSI REMAJA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta)

TAUFIQ FATURRAHMAN HIDAYAT, . (2020) PENGARUH TEKNIK STORYWRITING (MENULIS CERITA) DALAM KONSELING KELOMPOK NARATIF UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI EMOSI REMAJA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh teknik storywriting (menulis cerita) dalam konseling kelompok naratif dalam mengembangkan literasi emosi remaja di kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan two group pretest-posttest with control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan random assignment. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri dari 5 responden. Instrumen yang digunakan adalah instrumen adaptasi dari Emotional Intelligence Questionnaire 16 (EIQ16). Instrumen asli EIQ16 dikembangkan oleh Mayer dan Salovey (Reyes, Brackett, Rivers, Elbertson, & Salovey, 2012). Instrumen adaptasi EIQ16 terdiri dari 36 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha sebesar 0,920. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Mann Whitney U Test. Hasil uji hipotesis melalui program SPSS 16.0 for windows menunjukan bahwa nilai Asymp sig sebesar 0.008, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu teknik storywriting (menulis cerita) teruji secara meyakinkan berpengaruh dalam mengembangkan literasi emosi remaja di kelas XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Efektivitas teknik storywriting (menulis cerita) diuji melalui Uji N Gain Score dan diperoleh hasil sebesar 0.61 atau 61,2381% yang menunjukan tingkat keefektifan sedang atau cukup. Kata Kunci: Literasi emosi, teknik storywriting (menulis cerita), konseling kelompok naratif, remaja. This research aims to empirically examine the influence of storywriting techniques in narrative group counseling in developing adolescent emotional literacy in the XI class of SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The research method used is experimentation with two group pretest-posttest with control group design. The sampling techniques used are purposive sampling and random assignment. The experiment Group and the control group consist of 5 respondents. The instrument used is the instrument adaptation of Emotional Intelligence Questionnaire 16 (EIQ16). The original instrument EIQ16 was developed by Mayer and Salovey (Reyes, Brackett, Rivers, Elbertson, & Salovey, 2012). The EIQ16 adaptation instrument consists of 36 valid items with a reliability using Cronbach's alpha of 0.920. Data analysis techniques for testing hypotheses using Mann Whitney U Test. Hypothesis test results through SPSS 16.0 for Windows program showed that the value of Asymp sig amounted to 0.008, which means less than the significance of α 0.05 values. It can be concluded that H0 rejected and H1 accepted, that is, storywriting technique is tested convincingly influential in developing adolescent emotion literacy in class XI SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The effectiveness of storywriting techniques is tested through test N Gain Score and is achieved by 0.61 or 61.2381% of the effectiveness that shows moderate or adequate levels of efficacy. Keywords: emotional literacy, storywriting techniques (writing stories), narrative group counseling, teenagers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Karsih, M.Pd. ; 2). Dr.Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 5763 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 15:20
Last Modified: 11 Sep 2020 15:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item