PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

EGGA, . (2015) PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN RAWAMANGUN 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI EGGA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
JURNAL EGGA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berbasis problem posing sebagai upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur, yang berlokasi di jalan Pemuda No. 6, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober 2015 dan mengambil data pada bulan Januari 2016 pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode problem posing dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika. Pada siklus I dan II hasil kemampuan penalaran matematika mencapai 57,1%, dan 88,5%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis problem posing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M. Pd., ; Dra. Endang M. Kurnianti, M. Ed.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 09 Dec 2019 14:10
Last Modified: 09 Dec 2019 14:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item