PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD NEGERI DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

DESI AYU WULANDARI, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS III SD NEGERI DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas III SD Negeri Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-A sebagai kelas kontrol dan III-B sebagai siswa kelas eksperimen yang masing –masing berjumlah 32 siswa di SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta Timur tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Jika thitung > ttabel, maka hipotesis (H1) diterima namun apabila thitung < ttabel Hipotesis (H0) diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah t-hitung (2,37) lebih besar dari t-tabel (1,99) dengan demikian hipotesis (H1) diterima dan (H0) ditolak. Penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas III SD Negeri Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here, Kepercayaan Diri Siswa, PPKn ***************** ABSTRACT This study aims to determine the effect of active learning strategy everyone is a teacher here type on student self-confidence in learning citizenship class III of public elementary school at Kecamatan Duren Sawit, East Jakarta. The study was conducted in February to March 2020. The research method used an experimental method with the Pretest-Posttest Control Group Design. The sampling technique used Simple Random Sampling. The subjects in this study were students of class IIIA as the control class and IIIB as experimental class students, each of which amounted to 32 students in Elementary School of Pondok Kelapa 05 Pagi. The data collected by using a questionnaire. The data were collected and analyzed using the ttest with a significant level (α) = 0.05. If tcount> ttable, then hypothesis (H1) is accepted but if tcount <ttable Hypothesis (H0) is accepted. The research showed that the tcount (2.37) > ttable (1.99). So the hypothesis (H1) was accepted and (H0) was rejected. The implementation of active learning strategies everyone is a teacher type affects student self-confidence in learning citizenship class III of Public Elementary School at Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Keywords: Active Learning Strategy Everyone Is A Teacher Here Type, Student Self-Confidence, Citizenship

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7125 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2020 13:16
Last Modified: 16 Oct 2020 13:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item