MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

IKHSAN KAMIL, . (2020) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal dan prosiding penelitian yang memiliki persamaan masalah dengan peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui teknik analisis data mulai dari data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing. Berdasarkan data yang diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kesimpulan dari penilitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar, sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. This research aims to discover of using cooperative learning model type STAD to improving students participate on IPS learning in elementary school. Data resources in this research contain from some journals and proceeding researches which has relevant issues with this research. The method that used in this research is qualitative descriptive with the data analysis techniques using the Miles and Huberman. The data will be process by technique analysis data starting from collection, data reduction, data display dan conclusion drawing. According from the obtained data, cooperative model learning type STAD could improving the student participate on social studies in elementary school. The point of this research is the cooperative learning model type STAD could improving the students participate on social studies learning in elementary school, with the result of that the teachers could use the cooperative learning model type STAD to improving the students participate on social studies in elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Dra. Rosinar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7238 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2020 14:21
Last Modified: 22 Oct 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item View Item