PERANAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

DONNI HADI WINATA, . (2020) PERANAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajarann AIR dalam muatan IPA kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - Agustus 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan mengkaji sepuluh sumber pustaka yang sesuai dengan masalah peneliti. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman. Terdapat empat tahapan yang dilakukan dalam kajian pustaka ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam muatan IPA yang dibuktikan melalui hasil penerapan pada setiap korpus data yang semuanya menjelaskan tahap pengimplementasian model pembelajaran AIR terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat baik secara klasikal maupun tiap indikatornya dikarenakan guru selalu melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam proses pembelajaran. ************ This research is a literature review that aims to determine the role of the AIR learning model in fifth-grade science content in elementary schools. This research was conducted in April - August 2020. The research method used is descriptive qualitative research method. The technique of collecting data by examining ten sources of literature is following the researcher's problem. The data analysis technique used the Miles and Huberman analysis model. There are four stages carried out in this literature review, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the AIR learning model can improve students 'critical thinking skills in science content as evidenced by the results of the application of each data corpus which all explain the stages of implementing the AIR learning model on students' critical thinking skills increases both classically and each indicator because the teacher always train students to think critically in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iva Sarifah, M.Pd. ; 2). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 6992 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2020 12:10
Last Modified: 03 Nov 2020 12:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item