IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR (Studi Kepustakaan)

IZZAH NIDA'UL HIKMAH, . (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR (Studi Kepustakaan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi belajar yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan imlementasi manajemen Kelas dalam menanamkan pendidikan karakter di Sekolah Dasar serta mengetahui apa saja hambatan dalam melakukan pembelajaran dan solusi yang dapat dilakukan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari referensi pada karya ilmiah yang telah ada sebelumnya atau melalui kajian studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles and Huberman. Terdapat empat tahapan yang dilakukan dalam kajian studi pustaka ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengolah sumber-sumber referensi melalui hasil penelitian yang telah dibuat oleh peneliti-peneliti sebelumnya lalu mengolah sumber referensi tersebut untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah yang telah peneliti buat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat berbagai macam cara yang dilakukan oleh guru dalam melakukan manajemen kelas untuk menjadikan kelasnya menjadi kelas yang kondusif dan efektif, Guru juga melakukan penanaman Pendidikan Karakter melalui manajemen kelas yang digunakan dan juga pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Tetapi pada saat guru melakukan upaya manajemen atau pengelolaan kelas, terdapat hambatan-hambatan yang muncul, baik itu dari diri siswa maupun dari orang tua, hal itu menjadi tantangan bagi guru untuk tetap bisa menjadikan kelasnya menjadi kelas yang nyaman dan kondusif. Maka diperlukan adanya solusi untuk mengatasi permasalahan pada hambatan tersebut dengan cara-cara kreatif atau inisiatif yang dapat dilakukan oleh guru. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Pendidikan Karakter, Strategi Mengajar. *** Abstract This study of the library studies aims to know how the teacher's application of learning strategies in administering class management in instilling primary school character education and knowing what obstacles to learning and solutions a teacher can make. The study involved searching for references on preexisting scientific works or through literary study. The research method used is a descriptive qualitative study method with the miles and huberman model of analysis. There are four stages of this library study of data collecting, data reduction, data presentation, and deduction. The data-gathering technique is to process reference resources through research that researchers have made and then to examine the source for answers to the problem problem that researchers have created. Research indicates there are various ways by the teacher in doing class management to make the class a conducive and effective class, the teacher also makes character education an investment through the use of class management and also during the time of study. But when teachers make class management or management efforts, there are obstacles that arise, whether from the student or the parent, it presents a challenge for teachers to keep their classes as comfortable and conducive. So a solution would be needed to address the problem with creative ways or initiatives a teacher can make. Keywords: class management, character education, teaching strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arita Marini M.E. ; 2). Prayuningtyas Angger Wardhani M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7002 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2020 10:47
Last Modified: 07 Nov 2020 10:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item