PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

AMALIA, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2 abstrak- daftar lampiran.pdf

Download (183kB)

Abstract

Siswa perlu memiliki keterampilan proses sains dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu kemampuan komunikasi. Hasil observasi menunjuk-kan bahwa tidak setiap siswa memiliki kemampuan komunikasi yang sama,baik dalam komunikasilisan maupun tulisan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi yang sedang dipelajari. Penerapan model pembelajaran Concept Attainment diharapkan dapat melatih siswa untuk mengkonstruk konsep-konsep dengan kemampuan-nya sendiri dandapat mengungkapkannya secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Reproduksi.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri16Jakarta pada Mei2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain only control group. Sampel penelitian masing-masing 30 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol secarasimple random sampling. Instrumen yang digunakan adalahpost test kemampuan komunikasi tulisan, post test pemahaman konsep, dan observasi kemampuan lisan. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperolehdata berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakanUji t menunjukan hasiltolakHopada α 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi,M.Biomed ; 2). Dra. Yulilina Retno D.,M.Biomed
Subjects: Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Nov 2020 14:49
Last Modified: 01 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item