LILIS RISNAWATI, . (2019) UNGKAPAN KEMARAHAN WARGANET DALAM KOMENTAR DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover -Lilis.pdf Download (151kB) |
|
Text
2. Abstrak - Lilis.pdf Download (148kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (241kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (169kB) |
|
Text
5. Lembar Publikasi.pdf Download (227kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar - Lilis.pdf Download (148kB) |
|
Text
8. Daftar Isi - Lilis.pdf Download (149kB) |
|
Text
11. BAB 1 - Lilis.pdf Download (298kB) |
|
Text
12. BAB 2 - Lilis.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
13. BAB 3 - Lilis.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
14. BAB 4 - Lilis.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
Text
15. BAB 5 - Lilis.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka - Lilis.pdf Download (150kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ungkapan kemarahanyang terdapat dalam komentar di media sosial Instagram. Masalah yang dikaji dalam peneltian ini adalah bagaimana ungkapankemarahanwarganet dalam berkomentar di media sosial Instagram.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah komentar emosi marah yang tedapat di media sosial Instagram. Korpus penelitian ditentukan sejumlah 40 berita dan 100 komentar. Sumber data dalam penelitian ini adalah komentar yang dituliskan oleh warganet pada kolom komentar di media sosial Instagram Hasil penelitian ini menunjukkan dari 40 artikel/berita/foto, ditemukan sebanyak 100 komentar yang mengandung emosi marah. Dari keseluruhan emosi marah tersebut, terdapat 281 ungkapan emosi marah yang berupa macam dan bentuk ungkapan marah. Macam dan bentuk emosi marah yang paling banyak ditemukan adalah ungkapan jengkel sebanyak 40 dan penggunaan jenis umpatan sebanyak 60, dikarenakan banyak warganet yang merasakan jengkel dan menggunakan umpatan untuk mengekspresikan marahnya. Selain itu, macam emosi marah pada posisi kedua terdapat kesal dengan jumlah 30, posisi ketiga yaitu benci dengan jumlah 20, mengamuk dengan jumlah 7 dan posisi terakhir beringas dengan jumlah 4 danuntuk bentuk emosi marah, posisi kedua terdapat penggunaan kapital sebanyak 41, selanjutnya penggunaan tanda seru sebanyak 35, penggunaan emoji sebanyak 27 dan terakhir penggunaan tanda tanya sebanyak 17. Dalam komentar warganet di Instagram secara keseluruhan terdapat penggunaan 101 macam ungkapan jengkel dan 180 bentuk ungkapan marah. Hal tersebut menandakan bahwa komentar di media sosial Instagram para warganet menunjukkan emosi jengkel dan menggunakan umpatan sebagai bentuk mengekspresikan kemarahannya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum ; 2). Drs. Krisanjaya, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 14:57 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 14:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11802 |
Actions (login required)
View Item |