MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD

RESTU AHMAD NUGRAHA SEPTIAN, . (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami metode mind mapping dan perannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan karena siswa kelas IV SDN Cigasong I, tempat peneliti mengajar, mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dimana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber bacaan terkait pembelajaran yang menggunakan mind mapping dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian difokuskan pada membuat rancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) metode mind mapping, untuk mata pelajaran IPA yang berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mencakup kemampuan menampilkan keaslian (originality), kemampuan menampilkan kelancaran (fluency), dan kemampuan melengkapi penguraian (elaboration). Penelitian ini secara detail menjelaskan tahap pembuatan mind mapping, pembuatan RPP mind mapping, serta menyampaikan tantangan dan solusi yang mungkin dihadapi guru dalam pelaksanaannya. Analisis data adalah deskriptif analisis yang dilakukan dengan membuat catatan kritis, memberi kode kategori, membuat chart, dan memberi stabilo atas bahan-bahan bacaan yang terkait dengan mind mapping dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan RPP yang detail dan komprehensif tentang mind mapping, agar dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang terkait dengan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah panduan bagi guru yang akan menerapkan metode mind mapping dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA di SD. Kata kunci : mind mapping, berpikir kreatif, dan pembelajaran IPA **************** The purpose of the study is to examine the mind mapping method and its role in improving students' creative thinking abilities. The research is conducted because the fourth graders students of Cigasong I Elementary School lack of ability in solving problems that demanded creative thinking. It is the teaching venue of the researcher. The method used in this study is a literature study, where researcher collects the data from various reading source related to learning that use mind mapping and creative thinking skills. The study focused on designing the lesson plan (Learning Implementation Plan) that emphasized on mind mapping method, and its role in improving students' creative thinking abilities that display authenticity, fluency, and elaboration. The study explains in detail the stages of preparing the implementation of mind mapping model in science subject matter and how it can be connected to the improvement of students’ creative thinking. The discussion includes the challenges might be faced in implementing the mind mapping model in the classroom, and the solutions that help teachers to solve the problems. The data analyzed using a descriptive analysis by making critical notes, coding categories, charts, and highlighting the reading materials that are related to mind mapping and critical thinking skills. The results indicate that a detailed and comprehensive lesson plan on mind mapping is necessary in order to help teachers improving their students' ability in creative thinking skills. This study is expected to be a guideline for teachers who will implement the mind mapping model in learning process, especially in science subjects in elementary schools. Keywords : creative thinking, mind mapping, science

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Rien Safrina, Ph.D ; 2). Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 8160 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2020 10:41
Last Modified: 17 Dec 2020 10:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item