ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 JAKARTA

DENI SUKAYUGI PUTRIWATI, . (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (431kB)

Abstract

Persaingan global pada abad ke-21 yang semakin sengit yang mengharuskan sumber daya manusia memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, hal ini lah yang melandasi terlaksananya penelitian ini. Dukungan kondisi internal dan eksternal sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengaruh konsep diri, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 87 orang siswa melalui proses perhitungan dengan rumus Slovin dari 111 populasi siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada siswa untuk mengukur aspek konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, tes pilihan ganda untuk mengukur aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tahapan analisis data meliputi: (1) analisis deskriptif, (2) uji asumsi (normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas), serta (3) uji hipotesis (uji regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t). berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil sebagai berikut: (1) konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 50,5%. Implikasi dari hsil penelitian ini adalah peningkatan konsep diri positif, dorogan untuk menciptakan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang baik dan kondusif bagi siswa yang perlu dilakukan guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suparno,S.Pd,M.Pd, ; 2). Agus Wibowo,S.Pd.,M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Dec 2020 18:11
Last Modified: 18 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item