DENI SUKAYUGI PUTRIWATI, . (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (96kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (184kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (156kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (323kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (431kB) |
Abstract
Persaingan global pada abad ke-21 yang semakin sengit yang mengharuskan sumber daya manusia memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, hal ini lah yang melandasi terlaksananya penelitian ini. Dukungan kondisi internal dan eksternal sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengaruh konsep diri, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 87 orang siswa melalui proses perhitungan dengan rumus Slovin dari 111 populasi siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada siswa untuk mengukur aspek konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, tes pilihan ganda untuk mengukur aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tahapan analisis data meliputi: (1) analisis deskriptif, (2) uji asumsi (normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas), serta (3) uji hipotesis (uji regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t). berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil sebagai berikut: (1) konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) konsep diri, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 50,5%. Implikasi dari hsil penelitian ini adalah peningkatan konsep diri positif, dorogan untuk menciptakan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang baik dan kondusif bagi siswa yang perlu dilakukan guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Suparno,S.Pd,M.Pd, ; 2). Agus Wibowo,S.Pd.,M.Pd, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 18:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12009 |
Actions (login required)
View Item |